Jumat, 20 Januari 2012

Tips dan Trik Keamanan Akun Facebook


Beberapa hari yang lalu seorang teman meminta tolong kepada saya, meminta bantuan untuk mengembalikan Akun Facebooknya yang telah diambil alih orang lain (Kena Hack). Setelah saya otak-atik facebooknya memang benar ternyata pasword facebooknya sudah ada yang menggantinya. Wah, kalau begini masalahnya bisa dikembalikan paswordnya atau tidak. Jangan panik, tenang masih bisa dikembalikan kok lewat alamat e-mail. Kalau lupa pasword e-mailnya gimana ?. Nah, bertambah lagi masalahnya lupa paswordnya. Jarang dibuka sih, emailnya jadi lupa gitu. Jangan-jangan pasword fb dan e-mailnya sama. Wah, kalau begitu udah diganti juga pasword e-mailnya. Kalau udah diganti pasword e-mailnya jadi gimana dong ?. Tenang, selagi pertanyaan dan jawaban keamanan e-mail anda belum diganti masih bisa diselamatkan e-mailnya. Jangan sampai lupa pertanyaan dan jawaban kemanan e-mailnya, kalau lupa mau gimana lagi ??


Berdasarkan ilustrasi di atas, dapat diambil kesimpulan untuk menjaga keamanan akun facebook anda. Berikut ini caranya :
1. Sebelum membuat akun facebook, harus punya akun e-mail. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah pasword emailnya dan pertanyaan serta jawaban keamanan e-mail anda. jangan sampai lupa !!!. Kemudian hal yang harus diperhatikan di Akun Facebook adalah pasword facebook tidak boleh sama dengan pasword emailnya. Pergunakan campuran huruf dan angka dalam membuat pasword. OK
2. Bagi anda yang suka pergi kewarnet, Kalau sebelum login perhatikan tulisan di broswer harus http://www.facebook.com/ , halaman tampilan muka facebook bisa sama tapi alamatnya berbeda biasanya dikenal dengan istilah phising.
3. Hati-hati ada Keylogger !!. Keylogger adalah tindakan pelacakan (atau logging) memukul tombol pada keyboard , biasanya dengan cara rahasia sehingga orang yang menggunakan keyboard tidak menyadari bahwa tindakan mereka sedang dipantau. Biasanya menggunakan sofware Keylogger.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memastikan anda terbebas dari keylogger:

Klik Ctrl+Alt+Shift+X
Karena salah satu cara membuka software keylogger dengan mengetikkan tombol diatas.

Cek icon taskbar (pojok kanan bawah) apakah ada program yang mencurigakan. Biasanya cuma terlihat icon Sound, Antivirus, Local Area Network, Deepfreeze dan Billing

Buka Start menu --> Programs --> Startup --> cari software keylogger
Jika tidak ada coba cari dari task manager.
Klik Ctrl+Alt+Del --> Proseses --> cari software keylogger
Semua keylogger biasanya berjalan bersamaan dengan proses windows startup. Curigai software yang biasanya tidak berjalan di startup tapi terdapat pada proses. Karena kebanyak para pemasang keylogger me-rename/ mengganti nama softwarenya.
Gunakan keyboard virtual (on-screen keyboard) dengan cara klik start menu--> programs--> accessories--> accesibility--> on-screen keyboard
atau klik menu lalu pilih run dan ketikan “osk” tanpa tanda kutip. Nanti akan muncul keyboard digital. Silakan anda login passwordnya mengunakan keyboard virtual tsb.
4. Jangan sampai lupa di Logout (Keluar) dari akun facebook anda, jika sudah selesai menggunakan facebook. Ini masalah lupa (Biasa manusia tempat lupa dan salah).
5. Gantilah pasword Facebook secara rutin setiap 1 Minggu sekali atau sebulan sekali.
6. Jangan lupa buka e-mail anda, supaya tidak lupa paswordnya.Orang sering membuka facebook tapi e-mailnya jarang dibuka, lama-lama lupa pasword e-mailnya.

"Segala sesuatu mudah diingat jika kita sering melakukannya". Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar