Selasa, 10 Januari 2012

Membuat Cetak Foto Ukuran 2 x3, 3 x 4 dan 4 x6 Hitam Putih

Saya akan menjelaskan bagaimana membuat cetak foto hitam putih ukuran 2 x 3, 3 x 4, 4 x 6. Sebelumnya saya sempat bingung karena banyak artikel lainnya yang menjelaskannya dengan cara yang berbeda. Namun disini saya akan meringkasnya menjadi satu . Berikut ini caranya :
1.Buka program photoshop CS3, ketinggalan zaman sekarang udah pada pake CS5, he.. he…
2.Lalu masukan foto berwarna yang ingin dicetak, seperti foto orang ganteng di bawah ini :

3.cara merubah warnanya menjadi warna hitam putih caranya dari menu Image > Andjusment > White & Black ( Alt + Shif + Ctrl B), kemudian aturlah cahaya warnanya seperti di bawah ini :

Kalau Sudah OK Bro.
4.Langkah selanjutnya menentukan ukuran fotonya 2 x 3, 3 x 4, 4 x 6 , mau menggunakan cara manual atau menggunakan Crop Tool. Menurut saya sih lebih baik menggunakan Crop Tool, biar tidak kelamaan nunggunya. Berikut ini caranya : Pilih Tools > Crop Tools > Atur Ukurannya dengan Cara lihat rubah ukurannya menjadi Width 4 cm Height 6 cm Resolution 300 pixels/cm untuk ukuran 4 x 6,Klw sudah cari gambar crop tool yang ada sebelah kiri, pilih create new tool preset kasih nama 4 x 6. dst untuk yang lainnya.

5. Crop foto anda yang sudah dirubah warnanya dan atur posisi yang tepat seperti di bawah ini :

Kalau posisi sudah tepat, klik kanan pilih Crop. Demikian dengan ukuran yang lainnya.
6. Langkah selanjutnya membuat halaman cetak menggunakan kertas ukuran A4, karena rata-rata ukuran kertas foto A4 caranya pilih New ganti size dengan ukuran kertas A4 kemudian resolusinya di ganti dengan 300 pixel/cm. Pilih OK

7. Masukan semua ukuran foto dengan move tool, tekan foto dengan move tool lalu masukan ke kertas A4, cara copy cukup hanya menekan Ctrl + Alt, Kemudian atur susunan fotonya. Satu lembar kertas A4 bisa jadi banyak fotonya.

Selamat Mencoba

2 komentar:

iduy mengatakan...

mampir berkunjunga nih masbro! artikelnya ajib! sekalian mau nanya nih, plugin croop tool buat sotosop eh salah photoshop maksudnya, ada ga yah? biar ga repot gituh...!
di tunggu kunjungan dan komentar baliknya masbro!

satriaaditya45 mengatakan...

gimana supaya print outputnya ga ada unsur kehijauan, keunguan?

Posting Komentar