Rabu, 19 Januari 2011

TERAPI JUS BUAH UNTUK MENGATASI PROBLEM PENCERNAAN

Sebenarnya penyakit dapat dicegah, penyakit timbul karena pola makanan dan pola hidup yang kurang tepat. Jus buah dan sayuran banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, selain rasanya yang lezat, juga sangat bergizi dan mengandung zat-zat yang dapat membantu mengobati berbagai jenis penyakit.
Jus buah dan sayuran sangatlah penting dalam proses penyerapan sari makanan, sebagaian besar orang tidak memperhatikan cara menguyah makanan dengan benar, umumnya mereka menguyah makanan secara kasar, keadaan seperti ini sangat memberatkan kerja lambung untuk mencerna makanan tersebut, namun dengan adanya jus, dinding selulosa buah atau sayuran akan membuka sehingga lebih mudah dicerna lambung.
Di bawah ini beberapa jus buah dan sayuran yang dapat membantu pencernaan lebih sehat serta sebagai penyembuh bebagai gangguan pada pencernaan, disamping harganya yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas.
1. Jus Pisang
Pisang mampu membuat permukaan lambung menjadi lebih kuat menahan cairan yang berbahaya atau racut, jus pisang diminum sehari sekali pada malam hari menjelang tidur, cukup satu gelas. Gunakan dua buah pisang ukuran sedang, untuk satu jus pisang, jenis pisang yang digunakan sebaiknya pisang ambon. Manfaat lain jus pisang bagi kesehatan sebagai berikut :
- Menurunkan kolesterol darah
- Menurunkan tekanan darah
- Baik untuk darah dan jantung

2. Jus Tomat
Manfaat Jus Tomat bagi pencernaan adalah membersihkan perut dan usus, menyembuhkan susah buang air besar, kembung dan sembelit. Manfaat lain Jus Tomat bagi kesehatan sebagai berikut :
- Menetralkan gula darah
- Menurunkan resiko Kanker Prostate
- Mencegah usus buntu
- Membantu membuang lemak
- Meningkatkan daya tahan tubuh

3. Jus Wortel
Dengan mengkonsumsi 200 ml jus Wortel setiap hari terutama pagi hari sebelum makan akan membantu mencegah konstipasi dan membantu kesehatan buang air besar. Manfaat lain Jus Wortel bagi kesehatan adalah sebagai berikut :
- Membantu kesehatan mata
- Mencegah kanker paru
- Menurunkan kolestrol darah
- Meningkatkan ketahanan tubuh
- Baik untuk radang sendi dan asam urat
- Menetralkan gula darah

4. Jus Pepaya
Dengan mengkonsumsi Jus Pepaya pada pagi atau malam hari, akan membantu susah buang air besar dan sembelit, memperlancar feses/tinja, karena enzim pepaya yang dikandungnya dapat membantu pemecahan serat makanan yang tersisa sehingga menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Selain itu enzim pepaya juga bila digunakan untuk mengobati luka lambung konstipasi diare kronis, sembelit membunuh parasit dalam tubuh dan mengurangi panas tubuh, agar manfaatnya benar-benar optimal, disarankan untuk minum jus Pepaya 200 ml setiap hari. Manfaat Jus Pepaya untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
- Membantu membuang lemak
- Membantu pencernaan/usus besar
- Mengandung vitamin A dan C yang dibutuhkan tubuh
- Mengurangi panas tubuh
- Anti kanker

5. Jus Nanas
Nanas merupakan obat buah yang paling tinggi kemampuannya untuk melarutkan lemak dalam saluran pencernaan sehingga lemak dalam saluran pencernaan sehingga lemak ikut keluar bersama feses, agar mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya minum jus nanas segelas sehari sebelum tidur. Manfaat lain Jus Nanas untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
- Membantu menghilangkan lemak
- Menyembuhkan arthiritis (Radang Sendi)
- Menyembuhkan infeksi saluran pernapasan
- Menghambat pertumbuhan sel tumor dalam jaringan

6. Jus Jeruk
Jeruk berfungsi memperbaiki pencernaan, merangsang nafsu makan, menghilangkan kembung, menghancurkan cacing-cacing dalamusus, menyembuhkan sakit perut, dan menyembuhkan sembelit, untuk memperbaiki sistem pencernaan, disarankan minum satu gelas jus jeruk pada hari secara teratur. Manfaat lain Jus Jeruk untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

7. Jus Apel
Jus Apel dapat menyerap kelebihan air dalam usus dan memperlunak feses serta mengikat dan menghilangkan racin dalam feses serta mengikat dan menghilangkan racun dalam usus, Jus Apel biasa digunakan untuk mengatasi sembelit dan are, Jus Apel diminum segelas sehari pada pagi hari, segelas jus memerlukan 2 – 3 buah apel ukuran sedang. Manfaat lain Jus Apel untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
- Mengendalikan dan menstabilkan berat badan
- Membantu menunda proses penuaan
- Melawan Radang Sendi
- Menurunan koleterol
- Menurunkan tekanan darah
- Meningkatkan HDL
- Menstabilkan gula darah
- Agen anti kanker
- Membantu kerja jantung

8. Jus Anggur
Buah anggur digunakan untuk terapi karena memiliki kandungan magniseum yang tinggi sehingga dapat memperlancar pergerakan fases. Gangguan pencernaan yang bisa dicegah atau diobati dengan Jus Anggur adalah sembelit, Jus Anggur dapat diminum pada pagi hari. Manfaat jus Anggur untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
- Mencegah Osteoporosis
- Melawan virus dan infeksi
- Membantu fungsi ginjal
- Membantu mencegah kanker
9. Jus Lemon
Jus Lemon sangat efektif untuk mengobati kembung dan muntah-muntah. Elemen seratnya sangat berguna untuk menyembuhkan sembelit, Jus Lemon juga memberi nutrisi bagi tubuh sehingga merupakan perangsang nafsu makan yang baik dan mampu menormalkan kerusakan pencernaan secara tepat. Manfaat lain Jus Lemon untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
- Menyembuhkan dan meredakan gejala flu, malaria dan masuk angin
- Malaria dan masuk angin
- Bersifat anti bakteri
- Menetralisir gula darah
- Baik untuk saraf dan jantung
- Menurunkan tekanan darah tinggi
- Memelihara kesehatan gigi dan tulang
- Menyembuhkan penyakit pada ginjal dan kerusakan kandung kemih

10. Jus Kembang kol
Bagian yang berwarna hijau disekeliling bunga kol adalah tempat sebagian besar mineral kalsium disimpan. Manfaat kembang kol untuk pencernaan antara lain sebagai pembersih usus dan menurunkan resiko kanker perut dan kanker usus. Manfaat lain kembang kol untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
- Menurunkan resiko kanker prostat
- Baik bagi penderita diabetes karena membantu menurunkan kadar gula dalam darah
- Mambantu mengurangi kadar lemak
- Menurunkan kolesterol

11. Jus Buncis
Kandungan enzim protease inhibitor pada buncis berfungsi untuk mencegah kanker usus, serat yang tinggi pada buncis sangat baik untuk memperlancar pencernaan atau mencegah konstipasi serta mengobati tukak lambung, Jus Buncis akan memberikan manfaat yang maksimal jika anda meminumnya setiap hari. Manfaat Jus Buncis untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
- Menurunkan resiko terserang kanker
- Menstimulasi system kekebalan tubuh
- Membantu pertumbuhan sel-sel tubuh yang telah mati

Semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menjadi lebih sehat dan memperbaiki pola makan dan pola hidup yang benar.


Medan, 1 Juni 2006
DISADUR DARI MEDIA PUBLIC NEWS

OLEH AKP TUTI HERAWATI
DIT RES NARKOBA POLDA SUMUT

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Jus lemon ternyata bisa menurunkan tekanan darah tinggi, makasih infonya.

Unknown mengatakan...

Mantap gan :D
Thanks infonya :0

maria syauta mengatakan...

Info yang betmanfaat. Trima kasih.

Unknown mengatakan...

Itu jus tomatnya dikasih gula apa ga ya?

Posting Komentar